Forum Discussion Group (FGD)



Diskusi adalah cara terbaik untuk menemukan inspirasi. Itulah yang dirasakan Mahasiswa UTM yang sedang menempuh Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gasal Kelompok 8 di desa Lombang Dajah Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan.

Diskusi dengan tema "Potensi Seputar Desa Lombang Dajah" merupakan topik utama pada diskusi pada saat itu. Walaupun pada akhirnya ada beberapa diskusi tambahan seperti permasalahan di desa, kemudian pemaparan Program Kerja selama kegiatan KKN. dalam diskusi tersebut beberapa warga berpendapat bahwa kendala utama di Desa Lombang Dajah yaitu dalam bidang Pendidikan dan Pertanian. Mereka menyampaikan bahwa daya minat pendidikan di desa ini hanya 15% untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Sehingga dengan faktor itulah sangat berdampak terhadap pendidikan masa kini. Seperti, kurangnya tenaga pengajar, SDM yang sangat terbatas, ketidak aktifan guru, minimnya pengetahuan teknologi informasi, dan administrasi yang kurang komprehensif. Hal iti jelas akan memepengaruhi terhadap berjalannya program pendidikan di suatu lembaga sekolah. Karena komponen-komponen diatas merupakan dasar-dasr penunjang progresivitas lembaga pendidikan.

Permasalahan lainnya yaitu dari sektor pertanian. Memang mayoritas penduduk Desa Lombang Dajah berprofesi sebagai petani. Namun profesi itu belum juga berhasil mengantarkan kehidupan mereka makmur dan sejahtera. Panen dengan hasil yang kondisional, tidak menentu, diluar prediksi hasil panen akibat cuaca yang kurang cocok terhadap tanaman menjadi masalah utama tanam pangan mereka.

Dua dasar permasalahan diatas yang sampai saat ini terasa sulit diatas oleh warga Desa Lombang Dajah. Salah satu mahasiswa menyampaikan bahwa dalam dunia pendidikan, tidak hanya ditanam pengetahuan di benak para pelajar. Harus ditanam keilmuan, kesantunan, keikhlasan, dan kesabaran dalam belajar. Finansialisasi memang salah satu tolak ukur melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Namun hal ini bukan prioritas utama untuk kuliah. Yang paling dalam melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi adalah restu orang tua dan inisiatif dati anaknya sendiri. Orang tua harus pasrah dan yakin bahwa putra-putrinya bisa melanjutkan tanpa dibebani oleh kondisi ekonomi yang menengah ke bawah. Pasalnya pemerintah sudah mengalokasikan beberapa program beasiswa yang dapat diakses oleh seluruh WNI khususnya keluarga kurang mampu yang mempunyai Prestasi - prestasi untuk dikembangkan.

Adapun dalam sektor pertanian, secara garis besar ada yang sebagian tanam jagung uang lahannya di petinggian, dan ada pula beras yang lahannya di persawahan. Yang menjadi masalah utama yaitu dari sektor pertanian jagung yang dikonsumsi setiap harinya . Panen yang kurang meningkat sehingga meresahkan sebagai warga. Mahasiswa memberikan argumen bahwa jagung dengan panen yang lebih seharusnya dikelola dengan lebih kreatif lagi. Hal ini selaras dengan program kerja kami yaitu Kripik Jagung Varian Rasa dan Susu jagung. Semoga dengan program ini Masyarakat mampu lebih kreatif lagi untuk mengelolanya. Apalagi kalau seluruh warga kompak untuk mewujudkan jenis produk ini.

Seluruh sangat apresiasi dengan adanya diskusi dan program kerja selama berlangsungnya kuliah kerja nyata (KKN)  di desa Lombang Dajah Kecamatan Blega Kabupaten Bangkalan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.